Tips Bisnis

5 Tips Jualan di TikTok Biar Banjir Orderan Tiap Hari

Halo para pejuang cuan, Gimana nih kabar bisnismu? Apakah sudah dibanjiri banyak orderan? Jika sudah, wah selamat ya pasti cuannya ngalir terus nih. Bagi yang belum gausah khawatir, mungkin saja kamu harus mengubah rencana marketing dari brand kamu karena ada tips jualan di TikTok.

Saat ini kaum muda utamanya generasi z sedang senang-senangnya menggunakan platform bernama tiktok. Disana kita dapat menonton video secara singkat kurang dari 30 detik. 

Baru-baru ini tiktok merilis fitur baru bernama TikTok Shop yang mulai banyak digunakan oleh generasi Z dan bisa menjadi tips ampuh jualan. Tunggu apalagi, jika kamu bisa memanfaat platform ini dengan baik. Kamu tentunya akan kebanjiran order.  Yuk simak penjelasan seputar tiktok shop!

Apa itu Tiktok Shop?

TikTok Shop adalah sebuah platform social commerce yang saat ini digandrungi oelh kaum muda. Cara berjualan di social commerce ini berbeda dengan cara penjualan di Instagram ataupun social media lain. Disini kamu dapat menjual barang daganganmu dengan cara beragam. 

Mulai dari mengadakan LIVE, membuat konten video hingga menembus FYP (For Your Page), dan diselingi lagu-lagu hits yang sedang trend dikalangan anak muda. 

Platform ini terbukti ampuh mendatangkan banyak orderan. Bagaimana tidak? Ketika kita ingin membeli barang secara online. Maka yang paling kita cari adalah testimoni pengguna serta memperlihatkan wujud dari barang tersebut. 

Dengan mengunggah video maupun melakukan LIVE, barang yang akan kamu jual akan lebih jelas dikenali kualitas, bentuk, dan warnanya oleh calon customer. 

Nah gimana, tertarik untuk berjualan di TikTok Shop?  bagi pemula, simak sampai akhir, ya.

Baca Juga: Strategi Trading Saham? Buy and Hold? atau Trading Jangka Pendek

Tips Jualan di TikTok Bagi Pemula 

Membuat Akun Tiktok Shop Sebagai Tips Jualan yang Baik

Tips Jualan di Tiktok yang pertama adalah dengan membuat akan TikTok shop. Kamu bisa menggunakan akun tiktok lamamu yang kamu ubah menjadi akun bisnis. Atau kamu membuat akun baru sehingga terlihat lebih professional. 

Langkah awal untuk membuat akun adalah dengan membukanya melalui website TikTok Shop. Kamu dapat mengaksesnya melalui link ini  https://seller-id.tiktok.com. Setelah berhasil masuk silahkan isi biodata dan masukkan data verifikasi dengan benar lalu klik simpan. Setelah itu akan muncul tulisan mulai menjual. Kamu tinggal mengupload produk jualanmu deh. 

Jika kamu memilih menggunakan akun lamamu, maka harus beralih ke akun bisnis. Berikut adalah tahapannya : 

  • Buka akun kamu 
  • Silahkan kamu klik tanda tiga di pojok atas layer smartphone kamu
  • Lalu klik ‘kelola akun saya’ 
  • Klik ‘Alihkan ke akun bisnis’ 
  • Selanjutnya kamu dapat memilih kategori bisnis yang sesuai dengan brandmu 
  • Lalu mulailah mengedit akun TikTok Shopmu 

Mengedit Akun TikTok Shop

Tips jualan di TikTok selanjutnya adalah mengoptimalkan akun dengan membangun kepercayaan dan memudahkan calon cutomer dalam melihat-lihat tokomu. Pastikan tampilan dari akunmu sederhana sehingga mudah dipahami oleh oang awam. 

Kamu perlu menambahkan informasi dasar mengenai toko kamu. Informasi dasar ini mencakup dari alamat gudang, alamat toko offline, nama kontak, dan juga nomor telepon. 

Buat Konten yang Lagi Hits

Kamu perlu mengunggah video yang menarik. Video promosi brand kamu dapat dikemas dengan mengikuti trend FYP di tiktok serta music yang sering bermunculan di FYP. 

Jangan lupa untuk menjelaskan kelebihan produkmu. Perlihatkan dengan jelas keseluruhan produk yang akan kamu jual. Lalu sebutkan harga dan alasan kenapa mereka perlu membeli produk tersebut melalui toko kamu. Jangan lupa untuk memperlihatkan bagaimana kamu mengemas produk kamu dengan aman (contoh menggunakan bubble wrap) sehingga mereka tertarik untuk membeli. 

Maksimalkan Penggunaan Fitur TikTok 

Ada banyak fitur di tiktok yang dapat membantu kamu membuat konten supaya lebih menarik customer. Fitur-fitur yang dapat kamu coba adalah : 

  • Fitur untuk menambahkan music 
  • Fitur tambah suara 
  • Fitur stiker dan juga effek 
  • Fitur Beauty
  • Fitur Timer 

Buatlah Caption Semenarik Mungkin 

Tips jualan di tiktok yang terakhir adalah dengan menambahkan caption. Caption berguna untuk memperjelas produk yang kamu jual. Jika ada informasi yang terlewat, kamu dapat menambahkannya secara tekstual pada caption. 

Selain itu kamu juga perlu menambahkan hastag. Hastag terbukti membantu calon customer menemukan produk yang kamu jual. Perlu diingat bahwa kamu perlu menggunakan hastag yang relefan dengan barang yang kamu jual sehingga customer dapat menemukan barang kamu dengan mudah. 

Perlu diketahui, Tips Jualan di TikTok di atas sudah dilakukan oleh banyak pebisnis dan terbukti berhasil meningkatkan perusahaan. Mulai dari menambah brand awareness, hingga meningkatkan omzet sampai maksimal.

Nah itu tadi berbagai tips jualan di tiktok untuk kamu. Gimana udah gak sabar untuk mempraktekannya? Jangan Cuma dibaca aja ya, langsung gasss action aja sis supaya orderan makin membludak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button