Investasi

Berikut Cara Investasi Emas yang Bijak dan Menguntungkan Bagi Pemula

Cara investasi emas kini menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk anda yang sudah mempunyai penghasilan tetap. Sampai dengan saat ini banyak sekali macam-macam jenis investasi yang bisa dipilih oleh kalangan masyarakat. Akan tetapi, untuk investasi yang tetap berada di tingkat pertama adalah emas. 

Emas tidak hanya populer dengan bentuk perhiasan saja. Emas merupakan salah satu barang yang mempunyai harga cenderung akan terus meningkat dan jarang sekali mengalami penurunan dengan jumlah signifikan. 

Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang suka dengan emas, maka untuk informasi mengenai cara investasi emas kini sedang dicari-cari. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika ingin melakukan investasi emas. Untuk anda yang penasaran bisa simak lebih lengkap nya di bawah ini. 

Sekilas Tentang Investasi Emas

Investasi emas adalah suatu aktivitas investasi modal dalam bentuk logam mulia atau emas. Buat banyak kalangan, investasi emas bisa sangat menguntungkan karena nilainya terus naik seiring berjalannya waktu. Berbeda dengan investasi saham yang memiliki fluktuasi tinggi.

Biasanya, kebanyakan emas tersebut tersebar dari PT Aneka Tambang (Antam) serta PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Kedua produsen emas ini sangat terpercaya di kalangan investor. Tidak hanya itu, harga emas dari kedua produsen ini pun tidak jauh berbeda sehingga tidak perlu bingung memilih investasi.

Perlu diketahui bahwa harga emas Antam ternyata sedikit lebih tinggi dan mahal daripada emas UBS. Hal ini dikarenakan PT Aneka Tambang sudah memiliki sertifikat internasional dan bahkan sudah diakui oleh London Bullion Market Association untuk semua produk emas yang disediakan. Berbeda halnya dengan emas UBS. Sebab, mereka baru mengantongi sertifikat nasional dari PT Untung Bersama Sejahtera dan belum memiliki sertifikat internasional. Meskipun begitu, keduanya memilii beragam produk investasi emas yang menguntungkan.

Selain itu, investasi emas pun merupakan salah satu investasi halal yang disyariatkan agama Islam. Berbeda dengan investasi lainnya yang menggunakan konsep bunga atau riba. Sehingga, bagi Anda yang taat pada syariat ekonomi Islam tentu sangat bisa menggunakan investasi emas sebagai pilihan yang tepat.

Investasi emas pun sangat cocok bagi pemula dan kalangan muda. Sebab, emas tidak memiliki tingkat fluktuasi yang tinggi seperti saham. Kalangan muda yang biasa selalu panic selling ketika harga investasi turun akan bernapas lega jika berinvestasi emas. Namun begitu, para investor harus tetap sabar karena keuntungan yang diberikan tentu berkala.

Dengan kata lain, investasi emas merupakan cara yang tepat untuk menabung dan mendapatkan keuntungan jangka panjang. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dan tinggi pada periode satu bahkan hingga puluhan tahun yang akan datang.

Baca Juga: Trading dan Investasi Saham untuk Pemula

Macam-Macam Cara Investasi Emas yang Perlu Diperhatikan Para Pemula 

Pada saat melakukan investasi emas memang tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan beberapa cara atau tuntunan. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan diberikan beberapa cara investasi emas yang bisa digunakan oleh kalangan pemula sebagai berikut: 

1. Memastikan Tujuan Pada Saat Melakukan Investasi Emas 

Cara investasi emas yang dapat dilakukan oleh para pemula adalah menentukan tujuan terlebih dahulu. Melakukan investasi emas memang dikatakan aman, ketika sudah mengetahui tujuannya terlebih dahulu. 

Ketika membicarakan mengenai tujuan melakukan investasi emas ini bisa dijadikan sebagai target untuk berinvestasi. Selain itu, dengan melakukan investasi emas juga bisa digunakan untuk tabungan pernikahan, pendidikan dan investasi hari tua. 

Ada salah satu contoh yang mudah untuk memahami cara satu ini. Pada saat anda sudah mempunyai target dalam kurun waktu sepuluh tahun kedepan ingin berhenti bekerja dan ingin terjun ke dunia usaha sendiri. 

Kemudian langkah yang diambil adalah penghasilan dari gaji anda sebagian bisa disisihkan dan diinvestasikan dengan bentuk emas.Pada saat anda sudah mempunyai tujuan yang jelas seperti ini, maka akan lebih tahu besaran emas yang akan di investasi di setiap bulannya. 

2. Memantau Perkembangan Harga Emas Secara Berkala 

Cara investasi emas yang kedua adalah dapat melakukan pemantauan pada perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini untuk melakukan pemantauan pada harga emas bisa dilakukan secara mudah dan cepat. 

Banyak sekali situs-situs yang ada di internet memberikan informasi mengenai perkembangan harga emas di setiap harinya. Selain itu, juga ada aplikasi ponsel yang menampilkan perkembangan harga emas secara berkala. 

Ada salah satu pertanyaan yang sering muncul yaitu “apa tujuan anda melakukan pemantauan perkembangan harga emas?”. Emas kini memang dikenal sebagai alat investasi yang mempunyai harga stabil. Memang terkadang harga emas pernah mengalami penurunan harga, tapi hal tersebut sangat amat jarang terjadi. 

Selain itu, dengan hal tersebut juga tidak ada salahnya anda membeli emas untuk melakukan investasi. Apabila suatu hari emas sedang berada di harga jual yang tinggi, maka tidak ada salahnya anda menjualnya. 

Satu hal yang perlu diingat bahwa untuk investasi emas ini lebih baik digunakan dengan jangka waktu panjang. Bahkan waktu yang dibutuhkan kurang lebih lima sampai dengan 10 tahun mendatang. 

3. Membeli Emas Pada Tempat yang Terpercaya 

Cara investasi emas yang ketiga adalah anda bisa membeli emas pada tempat terpercaya. Saat ini memang ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk melakukan investasi. 

Akan tetapi, lebih baik anda membeli emas di  beberapa tempat yang menjualnya secara resmi dan dapat dipercaya. Tempat jual emas yang resmi ini akan memberikan atau menyerahkan beberapa surat dan sertifikat kepada para pembelinya. 

Terkadang ada juga beberapa tempat jual emas yang menjual logam mulia dan tidak diberikan sertifikatnya. Maka dari itu, untuk anda yang ingin melakukan investasi emas bisa memilih yang berbentuk batangan saja. 

Ada salah satu tempat yang paling rekomendasi dan bisa dijadikan wadah investasi emas yaitu PT. ANTAM. Untuk kalangan masyarakat saat ini pastinya sudah tidak asing lagi dengan satu perusahaan tersebut. 

Sedangkan untuk anda yang ingin membeli emas di PT. ANTAM bisa langsung berkunjung ke gerai atau juga melalui situs e-commerce resmi. Selain itu, kalangan masyarakat yang ingin membuka tabungan emas juga bisa dilakukan pada PT. Pegadaian. 

Untuk kedua perusahaan yang sudah disebutkan diatas merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sehingga untuk masyarakat yang melakukan investasi di kedua perusahaan tersebut tidak perlu khawatir atau cemas, karena memang sudah terpercaya. 

Demikian penjelasan mengenai tiga cara investasi emas yang dapat dijadikan panduan para kalangan masyarakat pemula. Informasi di atas sangat cocok dimanfaatkan para investor pemula atau generasi milenial yang ingin berinvestasi. Namun, investor tetap harus belajar banyak agar investasi yang disalurkan bisa menguntungkan dan tidak membuat rugi di masa yang akan datang. Besar harapan setelah adanya pembahasan diatas tidak ada lagi kalangan masyarakat yang salah ketika melakukan investasi dengan bentuk emas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button